Selamat datang di Website Resmi Mas Agus Lumajang
EVOLUSI OTAK MANUSIA MENURUT MODEL PENDEKATAN TRIUNE BRAIN | MAS AGUS LUMAJANG

EVOLUSI OTAK MANUSIA MENURUT MODEL PENDEKATAN TRIUNE BRAIN

EVOLUSI OTAK MANUSIA MENURUT MODEL PENDEKATAN TRIUNE BRAIN

Dalam teori Triune Brain, Paul D.McLean, seorang pakar neuroscientist, mengatakan bahwa otak manusia berevolusi melalui tiga fase: pertama, fase awal, ketika otak masih dalam bentuk sederhana dan primitif (batang otak). Karena bagian otak ini memiliki kesamaan dengan otak yang dimiliki hewan reptil sekarang, otak ini sering juga disebut dengan Otak Reptil atau Reptilian Complex. Kedua, seiring berjalannya evolusi muncullah otak tengah (midbrain) yang menambahkan beberapa fungsi dan cara baru untuk mengontrol fungsi kerja tubuh. Otak ini sering juga disebut dengan Otak Mamalia karena mirip dengan otak hewan mamalia yang sekarang. Ketiga, fase akhir, otak berevolusi dengan menambahkan bagian otak baru dengan fungsi yang lebih kompleks yang disebut dengan neokorteks. Pada fase ini otak telah memiliki belahan otak kiri dan belahan otak kanan.

      Oleh karena itu, secara praktis otak manusia modern bisa dibagi menjadi tiga bagian yang saling berhubungan dan dengan fungsi yang berbeda: batang otak (Otak Reptil), system limbik (Otak Mamalia), dan neokorteks (Otak Kiri dan Otak Kanan).
  1. Batang Otak (Otak Reptil)

            Batang otak adalah bagian otak yang paling tua dan merupakan sisa dari evolusi otak manusia.   Letak batang otak berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan muncul dari tulang punggung. Bagian otak ini selalu aktif, bahkan ketika anda berada dalam                 kondisi tidur lelap.

                      Batang otak bertanggung jawab terhadap body maintenance & survival mechanism, yakni     mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, dan insting lain seperti    respons ‘fight or flight’ (insting untuk melawan atau melarikan diri ketika sedang terancam      bahaya). Bagian otak yang paling tua ini dapat dijumpai juga pada hewan reptil seperti kadal dan   buaya. Itulah mengapa bagian otak ini sering juga disebut sebagai Otak Reptil (Reptilian                 Complex). 

         2Sistem Limbik
 Sistem limbik terletak di bagian tengah otak yang membungkus batang otak. Bagian otak ini mirip dengan otak yang dimiliki hewan mamalia sehingga sering disebut dengan Otak Mamalia. Sama seperti Otak Reptil, fungsi sistem limbik adalah untuk memastikan kelangsungan hidup dan kelestarian spesies, serta untuk mengontrol fungsi vital tubuh yang lebih kompleks.
Fungsi dari sistem limbik antara lain:
1.       Mengontrol fungsi otomatis tubuh seperti pencernaan, temperatur tubuh, dan tekanan darah (autonomic nervous system & hypothalamus).
2.       Menyimpan informasi dan memori baru berdasarkan apa yang sudah pernah dialami (hippocampus).
Dapat disimpulkan, sistem limbik ini berfungsi untuk memproses emosi seperti takut, marah, sakit, dan senang (pain & pleasure), mengendalikan hormon (haus, lapar, metabolisme), dan juga memori jangka panjang. 

3. Neokorteks

Setelah munculnya otak tengah (midbrain), otak kemudian berevolusi lagi dengan menambahkan massa berwarna keabu-abuan yang sering disebut dengan gray matter atau neokorteks. Tebal neokorteks sekitar 1/8 inci dan berbentuk lipatan-lipatan dengan berat yang mencapai 85% dari total massa otak secara keseluruhan.
       Di sinilah bersemayam kecerdasan yang membuat manusia menjadi berbeda dengan spesies yang lain. Bagian ini berkaitan dengan fungsi melihat, mendengar, mencipta, berpikir, dan berbicara.
Neokorteks terdiri dari dua bagian dengan fungsi yang berbeda:
·         Otak kiri berfungsi untuk mengontrol gerakan dan sensasi bagian kanan tubuh. Otak kiri memproses informasi secara verbal melalui kata-kata, bekerja dengan rasional, logis, dan analitis.
·         Otak kanan berfungsi untuk mengontrol gerakan dan sensasi bagian kiri tubuh. Otak kanan memproses informasi dalam bentuk gambar, bersifat intuitif, imajinatif, dan emosional. Karena memproses informasi secara intuitif dan emosional, Otak kanan dapat lebih mudah mengakses dan memengaruhi dua bagian otak lainnya: Otak Mamalia dan Otak Reptil. 

BACA ARTIKEL MENARIK LAINYA : PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA OTAK
Share on Google Plus

About Mas Bagus

Mas Agus adalah Personal Training Academy di Indonesia. yang memiliki banyak Kegiatan training, Workshop "SEMINAR" DLL diseluruh indonesia.
    Blogger Comment