Selamat datang di Website Resmi Mas Agus Lumajang
FIKIRAN ADALAH PEMBENTUK, TAPI JANGAN SEKALI-KALI MENUHANKAN FIKIRAN | MAS AGUS LUMAJANG

FIKIRAN ADALAH PEMBENTUK, TAPI JANGAN SEKALI-KALI MENUHANKAN FIKIRAN


Pikiran / Mind
What is the mind?
Mind is the center of consciousness that generates thoughts, feelings, ideas, and perceptions, and stores knowledge and memories.
_Encarta Dictionary 2009
Pikiran adalah pusat kesadaran yang menghasilkan pemikiran, perasaan, ide, persepsi, dan menyimpan pengetahuan serta memori.

Sebagian besar perilaku manusia didorong oleh motif-motif yang tidak disadari. Pikiran itu seperti gunung es yang mengapung di laut. Bagian atas gunung es yang terlihat (12 %) adalah pikiran sadar (conscious). Bagian bawahnya (88%) adalah pikiran tak sadar (subconscious).
 _Sigmund Freud (Tokoh Psikologi Penggagas Psikoanalisa)


Konsep Pikiran Menurut Ilmu Hipnosis
Menurut ilmu hipnosis, pikiran di-ibaratkan seperti bawang yang berlapis-lapis. Manusia mempunyai tiga tingkat kesadaran yang bekerja secara simultan serta saling mempengaruhi dan membentuk sebuah pikiran manusia yang utuh. Tiga tingkat kesadaran itu adalah:

  • Conscious = Pikiran Sadar
  • Subconscious = Pikiran Bawah Sadar / Alam Bawah Sadar
  • Unconscious  = Pikiran Tidak Sadar
Pikiran Sadar, Bawah Sadar, Tidak Sadar
DOWNLOAD EBOOK GRATIS SELF HIPNOSIS DISINI
  • Pikiran Sadar adalah proses mental yang bisa Anda kendalikan dengan sengaja.
  • Pikiran Bawah Sadar adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis sehingga Anda tidak menyadarinya dan sulit untuk dikendalikan secara sengaja.
  • Pikiran Tidak Sadar adalah bagian dari otak Anda yang mengendalikan sistem biologis dan dorongan-dorongan naluriah yang secara alami ada sejak Anda lahir, misalnya: pernafasan, detak jantung, produksi darah, dorongan untuk makan (mempertahankan kehidupan), dan dorongan untuk melestarikan keturunan (seks).
  • Critical Factor atau filter mental adalah bagian dari pikiran yang selalu menganalisis dan mengkritisi segala informasi yang masuk dan menentukan tindakan rasional seseorang. Critical Factor ini melindungi pikiran bawah sadar dari ide, informasi atau sugesti yang bisa mengubah program pikiran (berupa kebiasaan dan keyakinan) yang sudah tertanam di pikiran bawah sadar.
Pikiran sadar mempunyai 4 fungsi utama, yaitu: mengenali informasi yang masuk dari panca indra, membandingkan dengan memori kita, menganalisa, dan kemudian memutuskan respon spesifik terhadap informasi tersebut. Sedangkan pikiran bawah sadar berfungsi memproses kebiasaan, perasaan, memori permanen, kepribadian, intuisi, kreativitas dan keyakinan.

Pengaruh pikiran bawah sadar terhadap diri kita adalah 9 kali lebih kuat dibandingkan pikiran sadar. Itulah mengapa banyak orang yang sulit berubah meskipun secara sadar mereka sangat ingin berubah. Apabila terjadi pertentangan keinginan antara pikiran sadar dan bawah sadar, maka pikiran bawah sadar selalu menjadi pemenangnya.


Sifat dan Fungsi Pikiran Bawah Sadar

  • Tabularasa. Maksudnya, ketika seseorang terlahir di dunia, pikiran bawah sadarnya kosong sama sekali. Isi dari pikiran bawah sadar berasal dari pemrograman lingkungan.
  • Menyimpan semua memori sejak dalam kandungan. Apa yang dilupakan secara sadar, bisa dimunculkan kembali dari pikiran bawah sadar melalui hipnosis.
  • Dapat menangani 2.300.000 bit informasi dalam suatu saat, sementara pikiran sadar hanya  mampu menangani 7-9 bit informasi dalam suatu saat.
  • Menggunakan bahasa simbol (gambar).
  • Menterjemahkan kata-kata apa adanya.
  • Sangat cerdas karena mengetahui penyebab dan solusi suatu masalah pribadi.
  • Membuat asosiasi (anchor) secara otomatis. Misalnya sebuah lagu memunculkan perasaan atau ingatan Anda pada suatu masa tertentu dalam kehidupan Anda.
  • Protektif, Melindungi individu dari bahaya, baik nyata maupun imajinatif.

DOWNLOAD EBOOK GRATIS SELF HIPNOSIS DISINI
Share on Google Plus

About Mas Bagus

Mas Agus adalah Personal Training Academy di Indonesia. yang memiliki banyak Kegiatan training, Workshop "SEMINAR" DLL diseluruh indonesia.
    Blogger Comment