Selamat datang di Website Resmi Mas Agus Lumajang
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA OTAK MANUSIA | MAS AGUS LUMAJANG

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA OTAK MANUSIA

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN


Seiring dengan kemajuan teknologi komputer, penelitian tentang otak (Neuroscience) pun semakin berkembang. Para Neuroscientist  (ilmuwan otak manusia) telah melakukan percobaan untuk memetakan aktivitas otak manusia, termasuk proses yang terjadi di dalam otak ketika seseorang sedang mengambil sebuah keputusan.
Menurut riset para neuroscientist, ketika kita mengambil keputusan, ada tiga tahapan proses yang terjadi:

1. Proses yang terjadi di Neokorteks (otak baru): di bagian otak ini segala aspek dan informasi yang berhubungan dengan pengambilan keputusan akan dianalisa dan dibandingkan. Kita memikirkan tentang keputusan yang akan diambil!  Hasil analisa tersebut akan diberikan kepada dua bagian otak lainnya: Otak Tengah dan Otak Reptil.
2. Proses yang terjadi di Otak Tengah (midbrain): bagian otak ini memberikan respons balik emosional tentang keputusan yang akan di ambil. Kita merasakan emosi yang berkaitan dengan keputusan tersebut! Hasilnya kemudian diberikan kepada respons balik kepada bagian otak lainnya.
3. Proses yang terjadi di Otak Reptil: mengambil keputusan berdasarkan input yang diberikan oleh Neokorteks dan Otak Tengah. Kita mengambil keputusan! Hasil dalam proses ini kembali kepada bagian otak lainnya.

Dari pemaparan di atas menjadi jelas bahwa pengambilan keputusan terjadi di otak tua atau Otak Reptil. Oleh karena itu, untuk memberikan hasil yang lebih efektif,strategi marketing maupun selling perlu disesuaikan dengan karakteristik kerja Otak Reptil.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINYA DISINI
Share on Google Plus

About Mas Bagus

Mas Agus adalah Personal Training Academy di Indonesia. yang memiliki banyak Kegiatan training, Workshop "SEMINAR" DLL diseluruh indonesia.
    Blogger Comment