Selamat datang di Website Resmi Mas Agus Lumajang
#PART 6 AGE REGRESSION | TEKHNIK MEMBAWA MUNDUR KLIEN KEDALAM MASA LAMPAU | VERSI RAJA HIPNOSIS | MAS AGUS LUMAJANG

#PART 6 AGE REGRESSION | TEKHNIK MEMBAWA MUNDUR KLIEN KEDALAM MASA LAMPAU | VERSI RAJA HIPNOSIS

. Age Regression
Adalah teknik yang digunakan untuk membawa klien mundur ke masa lampau guna menemukan akar masalah psikologis maupun psikosomatis. Age regression menjangkau hingga ke masa kecil atau paling jauh sampai saat klien masih di dalam kandungan


Langkah-langkah melakukan age regression
  1. Mempersiapkan Tempat Kedamaian. Tempat kedamaian adalah suatu tempat imajinatif di mana klien dapat merasakan kedamaian dan ketenangan. Mintalah klien membayangkan dirinya berada di suatu tempat yang nyaman dan damai, kemudian katakan: Kapanpun saya meminta Anda untuk kembali ke tempat kedamaian, maka Anda langsung membayangkan diri Anda berada di tempat ini dan perasaan Anda menjadi damai sepenuhnya. Anda paham?
  2. Membimbing Klien Mengalami Kejadian Masa Di Masa Lalunya. Regresi berbeda dengan mengingat. Dalam regresi seseorang merasa mengalami kembali peristiwa di masa lalu seolah peristiwa itu terjadi sekarang, bukan sekedar mengingat dengan jelas. Untuk kesuksesan regresi, kita membutuhkan somnambulism.
  3. Menangani Abreaksi. Sering kali klien akan menangis atau ketakutan ketika ”mengalami kembali” peristiwa traumatis yang dipanggil melalui regresi. Untuk mengatasi hal tersebut, mintalah klien untuk kembali ke tempat kedamaian. Kemudian beri sugesti: Nanti ketika saya meminta Anda kembali ke peristiwa yang barus saja Anda alami, Anda bisa mengalaminya dengan tenang. Pada hitungan ketiga, Anda kembali ke peristiwa yang baru saja Anda alami dengan perasaan tenang. Satu dua tiga.

Ada banyak cara untuk melakukan regresi (membimbing klien menuju peristiwa di masa lalunya), misalnya dengan menghitung mundur mulai dari usia klien sekarang atau menghitung mundur tahun mulai sekarang. Setiap hitungan menandakan mundurnya usia klien. Namun cara yang paling sering dan mudah digunakan dalam age regression adalah dengan memunculkan perasaan tertentu kemudian klien disuruh mengikuti perasaan itu sampai pada waktu pertama kali mengalaminya.

RegresiDenganAffectBridge (Jembatan Perasaan)
Teknik ini merupakan teknik regresi yang paling banyak digunakan oleh hypnotherapist.Teknik ini menggunakan perasaan atau emosi klien sebagai jembatan untuk mundur ke masa lampau untuk menemukan awal mula munculnya suatu masalah.Cara melakukan teknik ini adalah meminta klien untuk merasakan emosi yang berhubungan dengan masalah yang dihadapinya.Setelah klien merasakan emosi itu, terapis kemudian memberi sugesti agar intensitas emosi itu semakin meningkat, dan kemudian klien diminta untuk mengikuti perasaan itu sampai pada waktu pertama kali perasaan itu muncul.

Rasakan perasaan apapun yang menjadi alasan mengapa Anda menjalani terapi dengan saya. Saya akan menghitung naik dari  1 ke 10. Setiap hitungan membuat Anda semakin menyadari perasaan tersebut.Setiap hitungan memperjelas perasaan itu dalam pikiran Anda. 1 perhatikan perasaan itu, 2 Anda semakin menyadari perasaan itu, 3 rasakan perasaan itu semakin jelas, 4 semakin jelas, 5, sangat nyata 6, 7, 8, 9 dan 10.

Lihat ekspresi klien.Apabila wajah klien mengekspresikan perasaan negatif, maka dia siap untuk regresi. Jika tidak mengekspresikan apapun lanjutkan dengan deepening dan gunakan teknik terapi lain saja. Jangan paksakan regresi pada klien yang tidak siap.Klien tidak siap dengan regresi biasanya karena belum somnambulism atau enggan memunculkan perasaan negatifnya.

Saya akan menghitung dari 5 sampai 1. Ketika saya menghitung mundur, biarkan pikiran Anda mengikuti perasaan Anda menuju masa muda atau masa kanak-kanak Anda ketika Anda merasakan perasan ini untuk yang pertama kalinya. 5 biarkan pikiran Anda mulai melayang,  4 biarkan pikiran Anda tertarik ke masa lalu Anda, 3, 2, 1 (ketuk kening klien). Jawab dengan cepat.Dimana Anda sekarang?Di dalam ruangan atau di luar ruangan?Gelap atau terang?Siang atau malam? Anda sendiri atau bersama orang lain? Katakan pada saya apa yang terjadi.....

Regresi Untuk Rekreasi Mental
Ketika Anda dalam kondisi relaksasi seperti ini, Anda bisa mengenang atau mengalami kembali semua pengalaman masa lalu yang telah terlewati.Banyak orang mengira bahwa pengalaman masa lalu yang terjadi di masa kecil atau masa muda kita sebagian besar sudah terlupakan.Padahal sesungguhnya pikiran kita menyimpan semua pengalaman yang pernah kita lalui. Maka dari itu, saya akan membimbing Anda kembali ke masa kecil Anda.

Sekarang munculkan perasan gembira dalam diri Anda.Perasaan gembira seperti ketika Anda mendapatkan hadiah dari orang yang Anda cintai.Biarkan perasaan itu muncul dan semakin lama semakin kuat dalam pikiran Anda.Saya angkat tangan Anda sekarang. Ketika saya lepaskan tangan Anda biarkan diri Anda kembali ke masa kecil Anda ketika Anda sedang (bermain dengan teman, di kelas 1 SD, diberi hadiah, ulang tahun ke 10 dsb) dan Anda merasa gembira. Jangan mencoba untuk mengingat, karena mengingat malah menghambat proses ini. Lepaskan saja pikiran Anda dan lihat apa yang terjadi dalam pikiran Anda. Ketika saya lepaskan tangan Anda sedang (bermain dengan teman, di kelas 1 SD, diberi hadiah, ulang tahun ke 10 dsb) dan Anda merasa gembira.Lepaskan tangan subyek.
Share on Google Plus

About Mas Bagus

Mas Agus adalah Personal Training Academy di Indonesia. yang memiliki banyak Kegiatan training, Workshop "SEMINAR" DLL diseluruh indonesia.
    Blogger Comment