Selamat datang di Website Resmi Mas Agus Lumajang
#PART 9 MENGONTROL RASA SAKIT MENGGUNAKAN HIPNOSIS (PAIN CONTROL) | MAS AGUS LUMAJANG

#PART 9 MENGONTROL RASA SAKIT MENGGUNAKAN HIPNOSIS (PAIN CONTROL)

Pain Control, Mengontrol Rasa Sakit

Dengan hipnosis Anda mengurangi rasa nyeri/sakit bagi penderita kanker, radang sendi, asam urat, luka bakar, atau rasa sakit lainnya. Mungkin hipnosis memang tidak akan menyembuhkan penyakitnya, tapi paling tidak, dengan hilangnya rasa sakit, pasien bisa menjalani hidup dengan nyaman tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit. Banyak orang depresi dan terdorong untuk bunuh diri hanya karena tidak tahan merasakan nyeri yang tak pernah berhenti.


Menghilangkan atau mengurangi rasa sakit dengan hipnosis sangat mudah dilakukan. Caranya tidak jauh beda dengan teknik anestesi mental yang lain.
  1. Induksi dan deepening sampai somnambulism.
  2. Munculkan anestesi pada bagian yang sakit dengan sugesti.
  3. Beri sugesti untuk menanamkan anchor. Fungsinya apabila suatu saat rasa sakit muncul, dia bisa mengatasinya sendiri.

Sejauh ini, Anda sudah tahu bagaimana menghasilkan anestesi di tubuh pasien.Ada banyak teknik yang sudah Anda pelajari dan semua teknik itu bisa Anda terapkan juga untuk menghilangkan rasa sakit pasien yang menderita suatu rasa nyeri. Bedanya teknik pain control dengan teknik anestesi lainnya adalah dalam Pain Control kita butuh rasa nyaman atau anestesi yang dihasilkan bisa bertahan sangat lama. Sekarang kita bahas beberapa teknik pain control yang khusus.

1. Memperkecil Lokasi Sakit Sampai Lenyap
Teknik ini dilakukan setelah pasien dalam kondisi somnambulism. Caranya dengan memberi pertanyaan yang menyudutkan lokasi penyakitnya menjadi semakin sempit dan akhirnya hilang sama sekali. Misalnya pasien punya rasa sakit di seluruh tangan. Saya akan bertanya.Oke dari manakah sumber rasa kurang nyaman ini?Dari bahu ke bawah atau dari telapak tangan ke atas?(Misalnya pasien menjawab dari telapak tangan).Perhatikan telapak tangan Anda.Persisnya dari mana sumbernya, telapak tangan atau dari jari-jari Anda?(Misalnya pasien menjawab dari telapak tangan).Oke, sekarang perhatikan telapak tangan Anda, apakah sumbernya dari tengah, dari samping atau dari sebelah mana?Tunjukkan pada saya.(Misalnya pasien menunjuk suatu lokasi di telapak tangan). Nah, rasa kurang nyaman ini sebenarnya sangat kecil dan tidak akan mengganggu Anda lagi. Saya akan mengusap bagian ini tiga kali. Dalam hati Anda niatkan untuk menghilangkan rasa kurang nyaman ini.

2. Mengusap Sampai Rasa Sakit Hilang
Teknik ini cocok digunakan untuk menghilangkan rasa sakit di lokasi yang kecil.Saya akan mengusap tangan Anda seperti ini (lakukan usapan terus-menerus). Sekarang perhatikan bagian yang saya usap, anggukkan kepala Anda apabila Anda sudah bisa merasakan bahwa rasa kurang nyaman di tangan Anda mulai berkurang.Ketika pasien sudah menganggukkan kepala. Lanjutkan dengan sugesti ini: Oke, sekarang setiap usapan yang saya lakukan akan membuat tangan Anda semakin nyaman sehingga semua rasa yang kurang nyaman lenyap dari tangan Anda. Jika Anda rasakan sudah lenyap, anggukkan kepala Anda.

3. Visualisasi Rasa Sakit Keluar Dari Tubuh
Bayangkan rasa kurang nyaman yang Anda rasakan di perut Anda itu bentuknya seperti cairan berwarna hitam.Bayangkan perlahan-lahan cairan hitam itu mengalir ke kaki kiri Anda dan keluar melalui telapak kaki Anda.Semakin cairan itu keluar, perut Anda menjadi semakin nyaman. Saya akan menghitung mundur dari sepuluh sampai nol. Pada hitungan nol, bayangkan semua cairan hitam di perut Anda sudah lenyap dan Anda juga merasakan bahwa rasa kurang nyaman yang selama ini mengganggu Anda ikut lenyap. Saya mulai menghitung, sepuluh… bayangkan cairan hitam semakin keluar, sembilan… rasa kurang nyaman di perut Anda mulai lenyap, delapan… , tujuh… (dan seterusnya).Nol… sekarang perhatikan perut Anda, semakin lama perut Anda menjadi semakin nyaman dan semakin nyaman.Bagaimana perasaan Anda?

Setelah Pasien Tidak Merasakan Apapun, Ini Yang Perlu Anda Lakukan.
Tambahkan sugesti seperti ini: Mulai saat ini dan seterusnya, rasa kurang nyaman di tubuh Anda lenyap untuk waktu yang sangat lama atau seumur hidup Anda. Mulai saat ini dan seterusnya, Anda menjalani hari-hari dengan normal dengan perasaan nyaman di tubuh Anda.Dan jika karena suatu sebab perasaan kurang nyaman muncul, maka Anda bisa menghilangkan sendiri dengan mudah.Caranya adalah letakkan telapak tangan Anda di bagian yang kurang nyaman, tutup mata Anda dan katakan “lenyap sekarang” tiga kali dalam hati. Ketika Anda mengatakan “lenyap sekarang” dalam hati, bayangkan ada asap yang keluar dari tubuh Anda. Asap itu adalah gambaran dari rasa kurang nyaman yang lenyap dari tubuh Anda. Lakukan dengan serius, maka rasa kurang nyaman langsung hilang  dan Anda bisa menjalankan aktivitas lagi seperti biasa. Anda paham maksud saya?


Menggunakan Teknik Pain Control Dengan Bijaksana
Meskipun Anda bisa membuat sebagian atau seluruh tubuh mati rasa, bukan berarti Anda boleh menghilangkan semua rasa sakit yang dialami olah pasien Anda.Mengapa?Karena rasa sakit adalah informasi bahwa ada sesuatu yang kurang beres di tubuh kita.Misalnya seorang teman dekat Anda yang sering sakit kepala meminta Anda untuk menghilangkan sakit kepalanya.Tanpa pemeriksaan lebih lanjut, Anda langsung menghipnotisnya dan hilanglah sakit kepala itu.Namun bisa jadi hal itu malah menimbulkan masalah baru.Bayangkan bagaimana jika ternyata penyebab sakit kepala itu adalah tumor otak.Bisa-bisa teman Anda mati mendadak karena tidak merasakan tumornya semakin parah.



Share on Google Plus

About Mas Bagus

Mas Agus adalah Personal Training Academy di Indonesia. yang memiliki banyak Kegiatan training, Workshop "SEMINAR" DLL diseluruh indonesia.
    Blogger Comment